Mengetahui Lebih Jauh Mengenai Gas Oven

Mengetahui Lebih Jauh Mengenai Gas Oven


Bagi Anda yang gemar membuat kue atau makanan ringan, untuk dapat memanggang tentu Anda biasanya menggunakan oven. Kini jenis oven pun semakin beragam, mulai dari oven kompor biasa, oven listrik hingga gas oven. Bagi Anda yang belum banyak mengetahui mengenai gas oven, berikut ini adalah beberapa penjelasannya, antara lain :

Apa itu gas oven?

Gas oven merupakan jenis oven yang memiliki sumber panas dari gas elpiji. Untuk jenis oven yang satu ini, terbagi menjadi dua, yaitu gas oven yang berdiri sendiri dan gas oven yang menyatu dengan kompor. Untuk oven jenis ini, ukurannya relatif lebih besar dibandingkan dengan oven kompor biasa dan oven listrik. Gas oven umumnya tidak memiliki pengatur suhu otomatis (thermostat) yang memungkinkan Anda mengatur panas oven dengan lebih mudah, sehingga Anda perlu untuk mengatur besar kecil aliran gas untuk menyesuaikan suhu oven hingga mendapat suhu panas yang tepat untuk memanggang kue, roti atau makanan Anda.

Kegunaan gas oven

Untuk kegunaan dari gas oven ini, banyak digunakan oleh industri kuliner ataupun usaha kuliner rumahan. Hal ini bukan tanpa alasan. Kapasitas dari gas oven yang cukup besar cocok untuk digunakan dalam usaha kuliner seperti usaha kue, roti atau jenis makanan yang lain yang membutuhkan produksi dalam jumlah banyak. Bagi pengusaha kuliner yang menggunakan gas oven, tentu dapat mempersingkat waktu produksi karena sekali memanggang dapat menghasilkan lebih banyak kue / roti.

Bagi Anda yang ingin memiliki gas oven yang hanya dipergunakan untuk keperluan rumah tangga, sebaiknya pertimbangan dahulu mengenai space tempat yang perlu Anda siapkan untuk meletakkan alat ini. Ukuran gas oven yang relatif besar tentu memerlukan ruangan lebih di dapur Anda. Bagi Anda yang memerlukan oven untuk keperluan memanggang untuk keluarga saja, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli oven dengan ukuran lebih kecil saja.

Cara penggunaan gas oven

Lalu bagaimana cara penggunaan gas oven ini? Untuk cara penggunaan dari gas oven, sebenarnya tidak jauh berbeda dari jenis oven lain. Tetapi pada penggunaan jenis oven ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sebaiknya hindari membuka keran gas bila Anda belum mempersiapkan pemantik apinya. Bila hal ini terjadi, dikhawatirkan akan menyebabkan ledakan karena saat Anda membuka keran gas, maka aliran gas sudah banyak terkumpul pada bagian pipa bawah.

Agar dapat menggunakan gas oven ini dengan aman dan nyaman, Anda perlu untuk membaca baik – baik petunjuk cara memakainya sehingga Anda pun mengetahui dengan jelas bagaimana cara yang tepat. Hal ini tentu bermanfaat pula untuk menghindarkan Anda dari kecelakaan akibat cara penggunaan yang kurang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *